Langsung ke konten utama

Kewirausahaan : Macam Promosi



Personal Selling
Kelebihan dari personal selling adalah dapat dengan cepat mengidentifikasi peluang maupun masalah dalam lapangan/pasar, konfrontasi personal : penjualan personal mencakup hubungan yang hidup, langsung, interaktif antara dua orang atau lebih hingga dapat memahami karakteristik konsumen. Mempererat : penjualan personal memungkinkan timbulnya hubungan lain seperti persahabatan. Tanggapan : konsumen dapat memberikan tanggapan secara langsung sehingga lebih cepat untuk di tangani. Kekurangan dari personal selling adalah biaya untuk personal selling lebih besar dan wilayah promosi lebih sempit sehingga daya jangkau bertemu pelanggan lebih sempit.
contoh :
Seorang SPG disuatu pameran yang berusaha keras untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.


Sales promotion
Kelebihan dari sales promotion adalah mempererat hubungan jangka panjang dengan pengecer, sales promotion mendapat tanggapan yang lebih cepat dan terukur dari pada iklan, sales promotion memungkinkan produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek, sales promotion memungkinkan konsumen mencoba produk baru, sales promotion membantu produsen menyesuaikan progam untuk berbagai segmen konsumen. Kekurangan dari sales promotion adalah sales promotion cenderung tidak menghasilkan pembeli baru berjangka panjang dalam pasar mapan karena mereka terutama menarik konsumen yang menyukai transaksi cepat dan murah yang berganti merek bila tersedia seperti yang diinginkan, , meskipun kebanyakan sales promotion meningkatkan angka penjualan kebanyakan justru menimbulkan kerugian, sales promotion biasanya kurang memungkinkan untuk membujuk pengguna-pengguna loyal produk lain pindah ke perusahaan. Sales promotion cenderung di pakai oleh merek- merek yang lebih kecil atau lemah dari pada merek-merek yang lebih kuat. sales promotion juga dapat mengakibatkan konsumen berganti produk.
contoh :
sample- penawar gratis untuk sejumlah produk atau jasa. sample itu dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain, atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. pemberian sample adalah cara yang paling efektf dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru. seperti ;
Lever Brothers sangat yakin akan produk deterjen baruya yaitu Surf sehingga ia mendistribusikan contoh gratis ke empat dari lima rumah tangga Amerika dengan biaya $43 juta

Public Relation
Kelebihan dari public relation adalah kredibilitas yang tinggi, berita dan gambar lebih dipercaya oleh pembaca dari pada iklan, kemampuan menangkap pembeli yang tak terduga, hubungan masyarakat dapat menjangkau calon pembeli yang cenderung menghindari iklan atau wiraniaga. humas lebih efektif menjangkau etnik tertentu, masyarakat local atau kelompok tertentu. Membantu peluncuran produk baru, membantu memposisikan kembali produk mapan, membangun minat suatu kategori produk, mempengaruhi kelompok sasaran produk tertentu, membela produk yang mengalami masalah public, membangun citra perusahaan sehingga mendukung produknya. Kekurangan dari public relation adalah membangun sebuah merek akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan kreatifitas yang tinggi, kontribusi humas terhadap besarnya laba sulit di ukur karena digunakan bersama kegiatan promosi lain, humas tidak mendukung penjualan secara langsung.
contoh :
FUJI PHOTO FILM COMPANY
Fuji Photo film Company menerbangkan balon raksasanya melewati Patung Liberty yang direnovasi selama perayaan raksasanya, mengalahkan saingan Kodak, yang telah membangun pameran foto permanen di tempat itu.



Direct marketing
Kelebihan dari direct marketing adalah targeting = merupakan strategi untuk memilih, menyeleksi, menjangkau pasar dengan direct marketing, cost efektive, biaya yang di keluarkan jauh lebih efektif mengingat penjualan yang berulang dengan target pasar yang cukup besar, flexibility, direct marketing dapat dilakukan melalui berbagai media, control and accountability, mudah untuk menghitung respon yang muncul dan mempermudah menghitung anggaran promosi, feedback dapat di peroleh secara langsung, kegiatan riset harga, promosi, dan penentuan waktu dapat dengan mudah di lakukan dan dapat membentuk hubungan jangka panjang dengan databasase konsumen yang sudah ada. Kekurangan dari direct marketing adalah direct marketing yang di lakukan dengan telepon atau surat dapat mengganggu privasi konsumen yang dapat menimbulkan citra negative, memerlukan fasilitas yang cukup memadai seperti telepon online atau SDM yang memahami produk dan hal ini dapat mengeluarka biaya yang cukup besar, biaya untuk menggunakan direct mail semakin mahal sehingga banyak yang beralih menggunnakan internet


Merchandising
Kelebihan dari merchandising adalah memberikan perhatian kepada brand terutama penawaran produk untuk mendapatkan nilai jual dan mudah di ingat oleh konsumen sehingga menambah nilai promosi. Kekurangan dari merchandising biaya yang di gunakan cukup tinggi dan cenderung tidak tepat sasaran.

Direct Mail
Direct mail merupakan segala bentuk periklanan yang digunakan untuk menjual barang secara langsung kepada konsumen, baik melalui surat, kupon yang disebarkan di berbagai media cetak, maupun melalui telepon. Direct mail memiliki keunggulan dan kelemahan yaitu sebagai berikut:

Kelebihan:
1.      Dapat memilih khalayak yang dituju,
2.      Fleksibel.
3.       Jumlah respon khalayak dapat diukur,
4.      Tidak ada saingan.
5.      Ada sentuhan pribadi (bersifat pribadi)
6.      Dapat ditanggapi segera.

Kelemahan
1.      Mahal.
2.       Direct mail yang datang bertubi-tubi ke satu calon pembeli dapat dianggap sebagai 'sampah',
3.      Sulit menembus jajaran eksekutif karena disensor sekretarisnya.
4.      Tingkat respon umumnya rendah.
5.      Alamat khalayak sasaran bisa berpindah-pindah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebaik-baik Teman Duduk adalah buku

Buku adalah teman duduk yang tidak akan memujimu dengan berlebihan, sahabat yang tidak akan menipumu, dan teman yang tidak membuatmu bosan. Dia adalah teman yang sangat toleran, yang tidak akan mengusirmu. Dia adalah tetangga yang tidak akan menyakitimu. Dia adalah teman yang tidak akan memaksamu mengeluarkan apa yang kamu miliki. Dia tidak akan memperlakukanmu dengan tipu daya, tidak akan menipumu dengan kemunafikan, dan tidak akan membuat kebohongan. Buku adalah sesuatu yang jika kamu pandang maka akan menajamkan kemampuan intelektual, membuat lidah tidak kelu, dan membuat ujung jemari semakin indah. Dia akan memperkaya ungkapan-ungkapanmu, akan menenangkan jiwa, dan mengisi dada. Buku akan memberikan penghormatan orang-orang awam dan persahabatan dengan raja-raja, kepadamu. Dengannnya kamu akan mengetahui sesuatu hanya dalam sebulan. Satu hal yang tidak bisa kamu dapatkan dari mulut orang dalam satu masa. Dengannya kamu juga bisa menghindarkan hutang dan kesusahan mencari rezeki. ...

Tempe Across the Miles: A Cultural Journey to Share Indonesia’s Heritage with the World

On Tuesday, April 29, I set out on a meaningful road trip from Bogor with two trusted colleagues, Pak Deddi and Dadan. What seemed like a business trip at first, quickly turned into something far deeper—a cultural and entrepreneurial journey fueled by passion for tempeh , a humble Indonesian food with global potential. Our first stop was SMKN 63 Jakarta, where we met with the vice principal and leadership team. We discussed an exciting plan to collaborate between Rumah Tempe Indonesia—an innovation center I proudly lead—and the school. We envision a tempeh production training center inside SMKN 63, giving students hands-on experience in food innovation, entrepreneurship, and cultural preservation. Rumah Tempe Indonesia has always believed that partnerships—whether with schools, universities, private or public sectors—are key to reviving and modernizing this traditional food. From Jakarta, we hit the road again, heading toward Semarang to meet the owner of a tofu factory with whom we...

Jangan Bersedih

Jangan bersedih. Sebab rasa sedih akan selalu mengganggumu dengan kenangan masa lalu. Kesedihan akan membuatmu khawatir dengan segala kemungkinan dimasa mendatang. Serta akan menyia-nyiakan kesempatanmu pada hari ini. Jangan bersedih. Karena rasa sedih hanya akan membuat hati menjadi kecut, wajah berubah muram, semangat makin padam, dan harapan kian menghilang. Jangan bersedih. Sebab kesedihan hanya akan membuat musuh gembira, kawan bersedih, dan menyenangkan para pendengki. Kerap pula membuat hakikat-hakikat yang ada berubah. Jangan bersedih. Karena rasa sedih sama dengan menentang qadha' dan menyesali sesuatu yang pasti. Kesedihan membuat kita jauh dari sikap lembut, juga benci terhadap nikmat. Jangan bersedih. Sebab rasa sedih tidak akan pernah mengembalikan sesuatu yang hilang dan semua yang telah pergi. Tidak pula akan membangkitkan orang yang telah mati. Tidak mampu menolak takdir, serta tidak mendatangkan manfaat. Jangan bersedih. Karena rasa sedih itu datangnya da...