Langsung ke konten utama

Diskusi: Perbedaan stress dan depresi

Siapa diantara kalian yang pernah merasakan yang namanya stress? Atau ada diantara kalian yang pernah merasa depresi tentang hal-hal yang terjadi dalam hidup kalian akhir-akhir ini. Jadi apa sebenarnya stress dan depresi itu sih, apa keduanya sama atau malah berbeda? Nah dibahasan diskusi kali ini saya mau berbagi tentang perbedaan stress dan depresi yang tentunya akan dijawab oleh ahlinya.  Edisi diskusi kali ini masih lanjutan dari edisi diskusi sebelumnya tentang mencintai diri sendiri dan diskusi kali ini juga diambil dari forum diskusi grup whatsapp berupa pertanyaan dan jawaban oleh narasumber. Yuk, saksikan!

..

Stress vs depresi via Instagram
Nah ini dia narasumber kita dalam diskusi kali ini:

*Biodata Bomber*(narasumber)

*Nama Lengkap ๐Ÿง•๐Ÿป:* fitriany juhari,M.Psi.,Psikolog

*Panggilan ๐Ÿง•๐Ÿป :* Fitri

*Ttl ๐Ÿก :* purwakarta, 28 April 1990

*Pekerjaan ๐Ÿ‘จ๐Ÿป‍๐Ÿ’ป:* psikolog

*Tempat tinggal/domisili :* depok

*Instagram/line/facebook๐Ÿ“ฒ :* @gehujuhe

*Hal yang harus orang tahu tentang love your self :* kekuatan diri sendiri bahkan dari hal yang kecil sekalipun.

..

Sebelum ke sesi tanya jawab, yuk kita kenali dulu pengertian dari stress dan depresi, sudah tahu kan kalau keduanya berbeda? Ini dia.

Stres merupakan reaksi fisik dan mental yang natural terhadap pengalaman hidup sehari-hari. Biasanya ada ketegangan fisik (berupa pusing, sesak nafas, ruam-ruam, sakit kepala) atau psikologis (sulit konsentrasi dll). Jadi identifikasinya bisa dari situ. Biasanya stress muncul karena adanya perubahan beban/situasi dimana perubahan tersebut diluar kapasitas diri kita biasanya. Misalnya, menjelang ujian yang materinya super banyak mendadak kita jadi mules, sesak nafas, susah konsentrasi, gak bisa tidur.. itu menandakan kita sedang berada dalam situasi stress.

Sedangkan depresi, secara umum gejala yang muncul adalah : perasaan sedih, teriritasi, low mood yang konsisten menetap dalam jangka waktu minimal 2 minggu. Selain itu juga muncul keengganan untuk menjalani kehidupan sehari - hari. Ketika depresi, individu jadi tidak bisa berfungsi. Seringkali menarik diri dan ada kecenderungan untuk bunuh diri.

..

Kita masuk ke sesi tanya jawab ya, yuhuu!

Pertanyaan (01)
Selamat malam kak, apakah rasa insecure yg berlebihan itu merupakan indikasi depresi / mental illness? Beberapa bulan terakhir ini saya merasa sangat insecure, baik soal fisik akademik dll. Dan selalu membuat saya sendiri tidak nyaman dan tdk percaya diri dlm beraktifitas..
Rasa insecure tersebutlah yg membuat mood saya mudah berubah. Ada saat dimana rasanya sedih sekali tanpa sebab.. rasanya susah sekali dijelaskan, apalagi semisal curhat sm teman dll pun Saya yakin Hal tersebut sangatlah dianggap sepele. Bagaimana ya untuk membantu mengatasi rasa insecure itu.

Jawab
Malam, setiap orang pasti punya sesuatu yang mereka gak sukai; sesuatu yg menyebabkan kita merasa malu, merasa insecyre atau merasa gak cukup baik. Dan hal tersebut wajar, karena kita teh manusia yg gak sempurna dengan beragam pengalaman hidup. Hanya saja, ketika berlebihan bisa mengganggu kesehatan mental kita. Sehingga penting bagi kita menyayangi diri sendiri. Menerima segala hal kekurangan diri, menerima beragam issu (dlm hal ini soal fisik dan akademik) yg membuat kita merasa buruk/kecil. Dengan kesadaran bahwa kita gak sempurna, kita harus imbang sama diri sendiri. Bahwa ada bagian diri kita juga yang baik. Dan diri kita gak berhak dihakimi sedemikian rupa (oleh diri kita sendiri). Mengatasi insecuritas salah satunya bisa dengan mengembangkan self-compassion. Dengan menyayangi diri sendiri.

Kita bisa cek level self cimpassion kita di https://self-compassion.org

..

Pertanyaan (02)
Misal nih kalau kita seorang workaholic yg kalau (menurut saya sebagai orang awam) justru saat kita berhenti atau mengurangi jam kerja justru akan stress, dan bagaimana trik biar seorang workaholic bisa lebih nggak kawatir ketika meninggalkan atau mengurangi pekerjaannya  sementara waktu...?? Biasanya ini tuntutan keluarga biar nggak kerja terus... padahal kita jauh lebih happy dari pada waktu do nothing..

Jawab
Ini mungkin perlu dilihat kembali, apa yg membuat khwatir ketika mengurangi pekerjaan.. Hidup yang sehat tentu sj hidup seimbang. Termasuk seimbang antara bekerja dan keluarga..
Lain halnya kalau keluarga sumber stressor, bisa jadi bekerja merupakan salah satu cara menghindari perasaan tidak nyaman saat bersama keluarga. Agar tidak khawatir, cari sumber kekhawatirannya lalu atasi. Kalau kita malah stress ga ada kerjaan, bgmn? Ya kerja aja, selama hak org lain atas kita juga terpenuhi. Misal ada orgtua, selama hak orgtua atas diri kita sdh terpenuhi ya tdk apa-apa bekerja ssuai kemampuan kita.

..

Pertanyaan (03)
Kebetulan saya ini ppd (post partum depression) sdh pernah ke psikiater tp blm dpt hasil memuaskan, kira2 disaat emosi saya meluap apa yg bs sy lakukan untuk mengurangi nya?bagaimana agar emosi sy terus stabil, terima kasih

Jawab
Cari profesional lain yg bisa bantu. Selain farmakoterapi, bisa diiringi dengan psikoterapi/ terapi-terapi lain yg ssuai agar emosi lebih stabil. Ini beberapa hal yg mungkin dapat dilakukan :
1. Latih identifikasi emosi shingga kita tau tanda-tanda dini emosi kita mulai meluap. Ketika tanda tsb muncul kita bisa coba kendalikan dgn teknik2 relaksasi tttu.
2. Latihan relaksasi. Ada beragam teknik, yg paling mudah dilakukan adl deep breathing.
3. Cari dukungan org terdekat yg kita percaya
4. Bersabar dgn proses diri sendiri. Walaupun naik-turun selama kita ttp berusaha dan ada keinginan tuk lebih baik, insyaAllah ada jalan.

Sy selalu ingat bahwa _"setiap ada kemauan pasti ada jalan. Kalau gak nemu jalan, buat kemauan baru. Karena setiap ada kemauan pasti ada jalan."_

..

Pertanyaan (04)
Izin bertanya, apakah depresi pada orang tua bisa menurun kepada anak secara genetika?
Juga apakah overthinking yg menyebabkan gangguan tidur dan perubahan emosi yg tinggi hingga menyebabkan sakit kepala yg parah, juga disebut depresi atau masih tergolong stress? bagaimana cara mengatasi hal tersebut ?

Jawab
Individu dengan riwayat keluarga ada yg mengalami depresi lebih rentan juga mengalami depresi. Artinya, ada kontribusi genetik. Tapi kemudian lingkungan, gaya hidup, pola kita mengatasi situasi tidk nyaman juga berpengaruh pd muncul/tdknya depresi.
Utk overthingking yg sbbkan gangguan tidur serta perubahan emosi bisa sj karena stress kronik. Segera atasi, jika sulit mengatasi sndiri bisa minta bantuan profesional. Jgn tunda-tunda krna semakin lama kondisi tsb kita alami semakin lama jg waktu yg dibutuhkan utk mengatasinya.

..

Pertanyaan (05)
Kalau misalkan kita sering berimajinasi ttng orang2 yg ada disektar kita, bahkan gk pernah ada dikehidupan nyata. Bukan hnya itu, kita seakan2 berbicara sama merka dan bebas mengekspresikn diri. Yg mungkin di dunia nyata kita gk bisa seperti itu.

Utk kasus yg seprti ini termasuk strees atau depresi atau ada nama lain?

Jawab
Ini bisa jadi salah satu strategi pertahanan diri kita untuk mengatasi hal-hal yang tidak nyaman yg kita alami. Dalam kadar tertentu baik, dan akan jauh lebih baik kalau ekspresi2 tsb disampaikan langsung di dunia nyata dgn bahasa santun srta tdk menyakiti org lain.

..

Pertanyaan (06)
Ini gabungan dari beberapa pertanyaan yg nanya gejala ini indikasi stress atau nggak dari gejala berikut

Kalo sering mimpi itu apa indikasi stress?

sy termasuk orang yg tidur bentar aj mimpi, semalam tu bisa mimpi panjang dan bisa bersambung, saking seringnya mimpi sy jg kdg bs mengendalikan mimpi dan ,

saya ingin bertanya,,apakah saat ilusi berbicara sendiri itu tergolong ke stress atau depresi? Klau memang benar ,,apakah tindakan yg harus dilakukan? Terimaksih๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Jawab

Dalam kondisi stress bbrpa orang memang mengalami mimpi berkaitan dgn stressor nya. Misalnya jelang ujian, saking kepikirannya dia mimpi ujian.

Kalau dilihat dr kriteria diganosis, mimpi tdk disebut sbg gejala depresi. Gejala umum depresi adl perasaan sedih, kosong, teriritasi terus menerus. (lengkapnya ada di materi)

Utk yg ilusi bicara sendiri mungkin bs diperjelas dulu maksudnya bgmn.. Apakah bergumam atau seolah2 ada yg diajak bicara sprti halusinasi?

..

Pertanyaan (08)
Sedikit menanggapi pernyataan bomber"
Saya menangkap antara depresi dan stres itu suatu konsep yg berbeda (mohon luruskan y klu salah) sedangkan yg saya pahami saat ni merujuk k pendapat atkinson bahwa depresi itu akibat dari respon atau reakai stres negatif yg tidak terkendali... Mohon penjelasanya

Jawab
Ada perbedaan yg mendasar antara depresi dan stres. Namun, seperti sblmnya sy sampaikan, stress yg tidk ditangani dgn baik (atau reaksi stress negatif yg tdk dikendalikan) dapat mengarah pd gangguan depresi. Ssuai dgn yg dikemukakan atkinson.

..

Pertanyaan kode (09)
Saya sering sekali insomnia. Bahkan hingga bulanan sy tidur lebih dari jam 3 pagi. Enggan melakukan apapun atau bertemu dgn org dan beberapa kali terfikir untuk bunuh diri. Saya sudah melakukan konsultasi pada psikolog. Tetapi psikolog sy tidak pernah mengatakan bahwa saya depresi ataupun sebaginya. Nah, yang menjadi pertanyaan saya, apakah saya depresi atau hanya stres biasa saja? Terima kasih, Kak.

Jawab
Haloo, kamu bisa konsultasikan langsung ke psikolog mu ya. Yg penting dr sesi pertemuan dgn psikolog/profesional lain adalah progress diri yg kamu rasa lebih baik..take care ya๐Ÿ˜‰

..

Nah kita masuk ke closing statement ya:

Terimakasih sdh berkenan menyimak dan bertanya..mudah-mudahan diskusi ini meningkatkan awareness kita thdp kesehatan mental, shngga kita bisa sama-sama jaga kesehatan diri dan orang2 sekitar kita.
Selamat malam, selamat istirahat ya semuanya!

..

Itu dia diskusi kita malam hari ini yang saya rangkum dari percakapan di grup whatsapp. Dari tanya jawab di atas kita bisa simpulkan bahwa stress dan depresi itu adalah dua hal yang berbeda namun sama-sama berbahaya untuk diri kita apabila dibiarkan begitu saja. Kalau menurut saya pribadi, penanganan stress dan depresi yang paling penting adalah cara mencegahnya sih dibanding mengobati. Budayakan berfikir positif setiap harinya dan hindari membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Semoga bahasan kali ini bermanfaat, ya!

Salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan : Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Pandangan Ahli Ekonomi 1)       Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. 2)       Wirausaha juga merupakan orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya. 3)       Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisasikan faktor-faktor produksi, sumber daya alam, tenaga, modal dan keahlian untuk tujuan memproduksi barang dan jasa. Pandangan Ahli Manajemen 1)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan, material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis dan orgasisasi usaha baru ( Marzuki Usman, 1997:3 ). 2)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi motivasi, visi, komunika

Analisis SWOT Perusahaan Kontraktor

Berikut adalah bahasan analisis SWOT pada perusahaan Construct yang pernah dibahas pada buku analisis SWOT Freddy Rangkuti. Mari kita simak! Buku swot via Freddy Rangkuti Misi Perusahaan   PT. CSTRUCT adalah sebuah perusahaan dengan diversifikasi bidang usaha yang luas, meliputi jasa konstruksi, reality dan properti, perdagangan dan industri, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini senantiasa mengutamakan prestasi dan citra baik, serta berusaha menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Semangat inovasi serta penguasaan teknologi terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usaha yang berkelanjutan yang menghasilkan produk-produk berupa barang maupun jasa yang bermutu dan bernilai tambah tinggi. Melalui pertumbuhan yang sehat dan hasil usaha yang tinggi, perusahaan ini selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan dengannya. Visi misi perusahaan via contoh.pro Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset u

Kewirausahaan : Teori Life Path Change

Menurut Shapero dan Sokol (1982) dalam Sundjaja (1990), tidak semua wirausaha lahir dan berkembang mengikuti jalur yang sistematis dan terencana. Banyak orang yang menjadi wirausaha justru tidak memali proses yang direncanakan. Antara lain disebabkan oleh: a.       Negative displacement       Seseorang bisa saja menjadi wirausaha gara-gara dipecat dari tempatnya bekerja, tertekan, terhina atau mengalami kebosanan selam bekerja, dipaksa/terpaksa pindah dari daerah asal. Atau bisa juga karena sudah memasuki usia pensiun atau cerai perkawinan dan sejenisnya.        Banyaknya hambatan yang dialami keturunan Cina untuk memasuki bidang pekerjaan tertentu (misalnya menjadi pegawai negeri) menyisakan pilihan terbatas bagi mereka. Di sisi lain, menjaga kelangsungan hidup diri dan keluarganya, menjadi wirausaha pada kondisi seperti ini adalah pilihan terbaik karena sifatnya yang bebas dan tidak bergantung pada birokrasi yang diskriminatif. b.       Being between things       Ora