Langsung ke konten utama

Jajanan Hits Tahun 90an, siapa masih ingat?

Hallo Bels


Kita coba nostalgia sebentar yuk. Nostalgia adalah aktivitas yang melibatkan emosi dan proses berfikir. Saat seseorang bernostalgia, ia membutuhkan proses kognitif dalam mengingat, dan di saat yang bersamaan juga melibatkan perasaannya. Tapi tahu nggak sih kamu, kalau bernostalgia itu ternyata dapat memberikan manfaat diantara lain membawa efek menenangkan, melawan emosi negatif, dan juga sebagai terapi supaya kamu nggak mudah lupa. Konon katanya orang-orang yang suka bernostalgia memiliki hubungan sosial yang lebih baik, dan saat mereka mengingat kejadian yang buruk atau berhadapan dengan situasi yang tidak menyenangkan, mereka akan lebih mudah mencari pertolongan atau masukan dari orang lain atau orang terdekat mereka. Wiih mantap kan! Tapi tenang, kita nggak akan bernostalgia tentang hal-hal pahit saat ini. Kita akan bernostalgia soal jajanan yang aduhai enaknya. Bagi kamu yang merasakan masa kecil di era 90an pastinya sudah familiar dengan jajanan ini. Yuk, kita bernostalgia sejenak dengan jajanan khas era tersebut.

Rambut Nenek
 
Rambut nenek lezat via idn

Jajanan tradisional yang populer di era 90an salah satunya adalah Rambut Nenek. Dengan rasa manis yang dibalut dengan kerupuk berwarna merah muda makanan ini menjadi favorit anak generasi 90an pada masanya. Hingga sekarang pun jajanan tersebut masih banyak dijumpai di pasar ataupun di perkampungan warga.

Telor Gulung
Telor gulung via food detikfood

Coba sebutin makanan favoritmu di depan gerbang sekolah! Pasti ada nama telor gulung diantaranya. Telor yang digulung pada tusukan kayu ini lebih nikmat bila dibalur saus sambal cair. Entah kenapa makanan ini begitu enak pada saat itu, dan menjadi salah satu makanan favorit ketika istirahat sekolah tiba bagi generasi 90an.

Pendekar Biru
Pendekar biru via bukalapak
Siapa yang sering dengar iklan ini di Minggu pagi saat jeda menonton film kartun favoritmu di tv? Pendekar biru pada masanya adalah permen batang paling hits, sebelum ada penerusnya yang setipe seperti permen kaki hot-hot pop. Kala itu kalau nggak makan permen yang satu ini dengan menjulurkan lidah yang berubah warna menjadi biru rasanya nggak gaul.


Chuba
Chiki chuba via tokopedia

Jajanan ringan murah meriah ini adalah berupa keripik singkong yang berbumbu asin dan gurih. Saat kita menikmatinya, bumbu chuba yang berwarna oranye itu akan menempel di jari-jari tangan. Siapa masih ingat?


Permen karet Yosan
Permen karet yosan via tokopedia
Generasi 90an pasti ingat dengan abjad yang tertera di balik kemasan permen karet Yosan. Jika beruntung, kamu akan menemukan abjad-abjad tersebut secara lengkap yang dirasa sangat sulit. Namun terlepas dari situ, rasa permen karet ini sangat khas dan digemari.


Wafer Superman
Wafer superman via tokopedia
Pada waktu kecil dulu pastinya kamu pernah menghadiri acara pesta ulang tahun teman. Lalu sepulang dari acara pesta ulang tahun, kamu memperoleh buah tangan yang berisi beraneka macam jajanan yang dikemas rapih. Salah satu jajanan yang disisipkan itu biasanya terdapat makanan kemasan Wafer Superman.


Coklat Payung
Coklat payung via tokopedia
Coklat ini di era 90an banyak ditemui di kantin sekolah atau warung di sekitar rumah. Bentuknya berupa payung yang tertutup. Harganya yang murah dan bentuknya yang unik membuat anak-anak menggemari jajanan ini.


Anak Mas
Anak mas via tokopedia
Makanan kemasan ini adalah berupa mie kering yang didalamnya  terdapat bumbu yang terpisah. Agar mendapatkan  kelezatan dari jajanan ini maka bumbu yang terpisah  tersebut harus dicampur dengan mie kering di dalamnya dengan cara meremasnya agar hancur dan mengaduknya agar merata.


Es Potong
Es potong via kaskus
Jajajanan  tradisional yang membuka memori kamu di era 90an adalah es potong. Penjual akan memotong es yang tersimpan di dalam gerobak sesuai kemauan pembelinya lalu menusuknya dengan tusukan yang terbuat dari bambu. Rasa es potong yang ditawarkan oleh pedagang ini beraneka  rasa yakni kacang hijau, coklat, strawberry, dan durian.

Nah itu dia jajanan era 90an yang sangat laku dan digemari pada masanya. Apakah jajanan favoritmu termasuk di dalamnya? Atau mungkin ada jajanan favoritmu yang lain pada masa itu? Apapun jajanannya pasa saat itu tentu semuanya akan membawamu pada kenangan masa kecil yang nggak selalu indah tapi patut untuk dikenang. Jangan sampai lupa sebijak apapun kamu saat ini, kamu tetap pernah melewati masa-masa absurd di masa kecil. Benar begitu kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan : Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Pandangan Ahli Ekonomi 1)       Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. 2)       Wirausaha juga merupakan orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya. 3)       Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisasikan faktor-faktor produksi, sumber daya alam, tenaga, modal dan keahlian untuk tujuan memproduksi barang dan jasa. Pandangan Ahli Manajemen 1)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan, material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis dan orgasisasi usaha baru ( Marzuki Usman, 1997:3 ). 2)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi motivasi, visi, komunika

Analisis SWOT Perusahaan Kontraktor

Berikut adalah bahasan analisis SWOT pada perusahaan Construct yang pernah dibahas pada buku analisis SWOT Freddy Rangkuti. Mari kita simak! Buku swot via Freddy Rangkuti Misi Perusahaan   PT. CSTRUCT adalah sebuah perusahaan dengan diversifikasi bidang usaha yang luas, meliputi jasa konstruksi, reality dan properti, perdagangan dan industri, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini senantiasa mengutamakan prestasi dan citra baik, serta berusaha menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Semangat inovasi serta penguasaan teknologi terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usaha yang berkelanjutan yang menghasilkan produk-produk berupa barang maupun jasa yang bermutu dan bernilai tambah tinggi. Melalui pertumbuhan yang sehat dan hasil usaha yang tinggi, perusahaan ini selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan dengannya. Visi misi perusahaan via contoh.pro Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset u

Kewirausahaan : Teori Life Path Change

Menurut Shapero dan Sokol (1982) dalam Sundjaja (1990), tidak semua wirausaha lahir dan berkembang mengikuti jalur yang sistematis dan terencana. Banyak orang yang menjadi wirausaha justru tidak memali proses yang direncanakan. Antara lain disebabkan oleh: a.       Negative displacement       Seseorang bisa saja menjadi wirausaha gara-gara dipecat dari tempatnya bekerja, tertekan, terhina atau mengalami kebosanan selam bekerja, dipaksa/terpaksa pindah dari daerah asal. Atau bisa juga karena sudah memasuki usia pensiun atau cerai perkawinan dan sejenisnya.        Banyaknya hambatan yang dialami keturunan Cina untuk memasuki bidang pekerjaan tertentu (misalnya menjadi pegawai negeri) menyisakan pilihan terbatas bagi mereka. Di sisi lain, menjaga kelangsungan hidup diri dan keluarganya, menjadi wirausaha pada kondisi seperti ini adalah pilihan terbaik karena sifatnya yang bebas dan tidak bergantung pada birokrasi yang diskriminatif. b.       Being between things       Ora