Langsung ke konten utama

Makna di balik fenomena #10yearschallenge

Hi Bels



Beberapa waktu lalu media sosial sempat dihebohkan dengan tren tanda pagar (tagar) #10 years challenge. Tren ini terinspirasi oleh fitur Facebook yang kerap menampilkan foto-foto atau status lawas di lini masa penggunanya. Melihat betapa foto-foto lama itu menunjukkan perbedaan dengan kondisi sekarang, para pengguna Facebook mulai mengunggah kembali foto lama dan terkini sebagai perbandingan.

10 years challenge via Instagram
Dianggap seru, banyak netizen di dunia mulai mengikuti tantangan ini. Tren ini tak lagi hanya beredar di Facebook, para pengguna internet juga mengunggah foto-foto dua zaman itu di Instagram dan Twitter.


Perbedaan penampilan selang beberapa tahun via Instagram
Pada awalnya tantangan ini membubuhkan tanda pagar (tagar) #HowHardDidAgingHitYou untuk mengingatkan betapa besar perubahan fisik termakan oleh usia. Sebelum akhirnya tantangan ini berubah menjadi tanda pagar (tagar) #10yearschallenge. Lantas pernahkah kamu berpikir kenapa harus 10 years?

Ini dia yang akan kita bahas pada bahasan kali ini. Seperti biasa blog ini hanya akan berisi hal-hal positif dan informatif, dan bahasan yang saya pilih pada kesempatan kali ini adalah tentang fenomena 10 tahun momen penting pada fase hidup manusia.

Sama seperti tanda pagar (tagar) #10yearschallenge yang sempat populer di media sosial, ternyata kelangsungan hidup manusia juga punya siklus 10 tahunan loh. Seperti pepatah bangsa Jepang berkata "sesuatu yang hebat saat ini, pasti telah dimulai dengan baik 10 tahun yang lalu".

Nah apa aja sih momen penting yang terjadi dalam siklus 10 tahun hidup manusia? Berikut penjelasan guru marketing favorit saya Hermawan Kartajaya seorang founder and Chairman MarcPlus, Inc.

Kids on the block (0-10 tahun)
Semua dimulai saat kita lahir sampai dengan berumur 10 tahun. Tentu kita tahu pada masa-masa seperti ini, seorang anak sedang giat-giatnya mengeksplorasi dunia. Mengenal bahasa, bentuk, bau, warna, dan tentu keluarga (atau kerabat) mereka sendiri.

Balita via republika.co.id

Young, Wild, and Free (10-20 tahun)
Setelah melewati masa kanak-kanak, kita pun beranjak pada masa remaja, masa di mana kita mengalami momen-momen yang sangat bergejolak, entah dari dalam diri ataupun karna pengaruh lingkungan sosial kita. Kebanyakan remaja pun tidak mengenal rasa takut untuk mencoba sesuatu, tidak segan untuk mengenal apapun yang baru. Karna itu pula, banyak remaja yang seakan-akan menjadi "liar" pada usia ini.

Remaja via dictio

Twenty Something (20-30 tahun)
Pada dekade ketiga dalam hidup, kita telah beranjak menjadi sosok dewasa muda. Pada masa ini, banyak di antara kita yang telah menyelesaikan studi dan mulai meniti karir ataupun memulai usaha. Pada saat ini pula kita mulai menghadapi dunia yang sebenarnya, terutama karena kita memiliki tanggung jawab yang lebih besar.


Sahabat berbagi via epicentrum.id

Terrific Thirties (30-40 tahun)
Pada rentang usia ini, banyak orang yang mulai memperhatikan kestabilan dalam hidup. Pada tahap ini, kita mulai merefleksikan kehidupan yang telah dijalani selama ini, melihat lagi pekerjaan yang ditekuni, dan mulai memandang jauh ke masa depan kehidupan.

Tahun ke 30 via liputan6

Fantastic Forties (40-50 tahun)
Pada masa ini, banyak di antara kita yang mulai menyadari bahwa dirinya sudah tidak muda lagi. Banyak di antara kita yang telah mengalami manis pahitnya kehidupan dan mulai memandang ke depan. Kita mulai sadar untuk melakukan berbagai hal yang membuat lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Sehat di umur 40 via kabarsehatonline

Lebih lanjut Hermawan Kartajaya juga menjelaskan 10 tahun fase berikutnya yaitu dia menamakan in the new 40 untuk usia (50-60 tahun), super sweet sixty untuk usia (60-70 tahun), retire without regrets untuk usia (70-80 tahun), dan englightened at eighty (80+tahun).

Bukan bermaksud mempetak-petakkan manusia berdasarkan usia, terlebih kondisi tersebut jelas bergantung berdasarkan kultur dan kebiasaan yang berbeda di setiap daerah. Namun pengelompokkan usia tersebut di buat berdasarkan pengalaman Hermawan Kartajaya yang saat ini baru saja memasuki usia 70 tahun. Pakar marketing yang sempat beberapa kali menulis buku bersama Philip Kotler tersebut menumpahkan pengalamannya di buku terbarunya yaitu citizen 4.0.

Lantas ada di fase manakah kamu sekarang berada? Dan bagaimana perkembangan 10 tahun yang telah kamu lalui?

Kalau saya sendiri saat ini sedang berada di fase twenty something. Kalau menelisik di mana saya berada 10 tahun yang lalu, saya berada bersama teman-teman luar biasa di masa sekolah.
Foto bersama calon paskibraka 2009 Bogor via dokumen pribadi

Gambar ini di ambil tepat 10 tahun yang lalu di taman sempur Bogor. Saat itu saya bersama 37 teman lainnya dari berbagai sekolah di kota Bogor sedang berlatih setiap harinya guna mempersiapkan diri untuk acara pengibaran bendera merah putih di kota Bogor. Dengan badan terbakar, kepala botak, dan sering mendapatkan dispensasi dari sekolah untuk latihan bersama teman-teman inilah kondisi 10 tahun lalu yang saya lalui.

Begitulah kehidupan saya 10 tahun yang lalu, sesuatu yang sedikit banyak membentuk kepribadian saya saat ini.  Namun yang ingin saya garis bawahi dari pembahasan kali ini adalah apakah sepanjang perjalanan 10 tahun itu kita tidak pernah melakukan kesalahan?

Dalam usia saat ini saya sedang berada pada dua fase kehidupan. Pertama, saya baru saja melewati fase young, wild, and free yaitu saat saya melewati fase (10-20 tahun). Fase ini terkenal sebagai fase pencarian jati diri, maka tidak jarang banyak remaja mencoba banyak hal demi mendapatkan bentuk terbaik dalam dirinya. Tentu dalam mencoba banyak hal tersebut kita akan merasakan kegagalan dalam mencoba, salah memilih, dan salah dalam bertindak. Kehidupan remaja ini sedikit banyak tercermin dalam lagu teenage dream karya Katy Perry dibawah ini.

Fase kedua, yang harus masih saya lewati adalah fase twenty something (20-30 tahun). Menurut Hermawan Kartajaya salah satu isu yang sering menjadi sangat penting pada usia ini adalah pilihan pasangan hidup. Banyak diantara kita yang sudah tersadar dan mulai membayangkan kehidupan pernikahan. Lantas apakah dalam memilih pasangan hidup tersebut kita tidak pernah salah? Karena itu, banyak di antara kita pun yang mengalami kebingungan.

Apa yang ingin Hermawan Kartajaya sampaikan adalah setiap fase kehidupan pasti punya tantangannya sendiri. Wajar kalau dalam perjalanannya kita melakukan berbagai kesalahan, tapi jangan jadikan kesalahan itu sebagai hasil final, ya. Semuanya masih bisa kita perbaiki di fase berikutnya, asalkan kita tetap memperbaiki diri.

Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah kamu petik semua buah perjuangan yang kamu tanam dari sepuluh tahun yang lalu?

Semoga kita bisa memulai sesuatu yang bermanfaat saat ini, yang tentunya bisa kita petik hasilnya 10 tahun kedepan, ya!

Salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan : Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Pandangan Ahli Ekonomi 1)       Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. 2)       Wirausaha juga merupakan orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya. 3)       Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisasikan faktor-faktor produksi, sumber daya alam, tenaga, modal dan keahlian untuk tujuan memproduksi barang dan jasa. Pandangan Ahli Manajemen 1)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan, material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis dan orgasisasi usaha baru ( Marzuki Usman, 1997:3 ). 2)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi motivasi, visi, komunika

Analisis SWOT Perusahaan Kontraktor

Berikut adalah bahasan analisis SWOT pada perusahaan Construct yang pernah dibahas pada buku analisis SWOT Freddy Rangkuti. Mari kita simak! Buku swot via Freddy Rangkuti Misi Perusahaan   PT. CSTRUCT adalah sebuah perusahaan dengan diversifikasi bidang usaha yang luas, meliputi jasa konstruksi, reality dan properti, perdagangan dan industri, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini senantiasa mengutamakan prestasi dan citra baik, serta berusaha menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Semangat inovasi serta penguasaan teknologi terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usaha yang berkelanjutan yang menghasilkan produk-produk berupa barang maupun jasa yang bermutu dan bernilai tambah tinggi. Melalui pertumbuhan yang sehat dan hasil usaha yang tinggi, perusahaan ini selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan dengannya. Visi misi perusahaan via contoh.pro Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset u

Kewirausahaan : Teori Life Path Change

Menurut Shapero dan Sokol (1982) dalam Sundjaja (1990), tidak semua wirausaha lahir dan berkembang mengikuti jalur yang sistematis dan terencana. Banyak orang yang menjadi wirausaha justru tidak memali proses yang direncanakan. Antara lain disebabkan oleh: a.       Negative displacement       Seseorang bisa saja menjadi wirausaha gara-gara dipecat dari tempatnya bekerja, tertekan, terhina atau mengalami kebosanan selam bekerja, dipaksa/terpaksa pindah dari daerah asal. Atau bisa juga karena sudah memasuki usia pensiun atau cerai perkawinan dan sejenisnya.        Banyaknya hambatan yang dialami keturunan Cina untuk memasuki bidang pekerjaan tertentu (misalnya menjadi pegawai negeri) menyisakan pilihan terbatas bagi mereka. Di sisi lain, menjaga kelangsungan hidup diri dan keluarganya, menjadi wirausaha pada kondisi seperti ini adalah pilihan terbaik karena sifatnya yang bebas dan tidak bergantung pada birokrasi yang diskriminatif. b.       Being between things       Ora