Langsung ke konten utama

Part 2. Pariwisata Bali: Kokoh dalam Kerapuhan

 Bali adalah surga pariwisata di Indonesia. Kekayaan geografis baik gunung, bentang alam, pantai, dan lautnya menjadi kekuatan semesta yang natural disajikan alam. Keragaman flora dan fauna tropis menyajikan realisme imajinasi atas keindahan hayati. Belum lagi didukung oleh manusia yang kreatif dalam tradisi khas yang unik dan lestari secara turun-menurun. Masyarakat yang terbuka dan bekercerdasan budaya juga turut merespon aktif potensi pariwisata yang dimiliki. Semuanya saling menguatkan dan menjadi keunggulan internal Bali sebagai tujuan pariwisata yang tersohor di dunia. 5 Menilik sejarah, keelokan pulau dewata ini telah mulai dikenal sejak tahun 1597 di manca negara. Pelaut Belanda, Cornelius Houtman, mengawali interaksi penduduk lokal dengan pihak Eropa. Meskipun kemudian Belanda dalam masa penjajahannya kemudian mengeksploitasi dan memecah belah kerajaan yang bertahta, namun kemolekan Bali telah tersingkap. Kemenangan pada Perang Puputan (perang sampai mati) Badung pada tahun 1906 mencoreng penguasaan penjajah di mata internasional. Guna menebus kekalahannya, Belanda tidak memberlakukan tanam paksa di Bali namun justru mulai menggencarkan pariwisata di kancah internasional. Sedemikian awal perkembangan pariwisata di Bali yang sarat keindahan namun penuh tumpahan darah para pahlawan. Dalam perkembangannya, pariwisata Bali terus bergeliat dan berkontribusi tinggi pada perekonomian Indonesia. Kontribusi devisa pariwisata Bali terhadap nasional pada tahun 2019 mencapai Rp75 triliun. Dibandingkan dengan total devisa nasional yang mencapai Rp270 triliun, Bali berkontribusi sebesar 28,9% (Balipost, 2019). Berita Resmi Statistik Provinsi Bali (2019) menyatakan bahwa terdapat kenaikan jumlah kunjungan sebesar 3,37% pada perbandingan tahun 2019 dan 2018. Dominasi wisatawan asing adalah berasal dari Australia dan Tiongkok. Kondisi ini menggeliatkan hunian kamar yang mencapai angka 62,55% pada Desember 2019. Salah satu kabupaten di Bali yang menjadi pusat pariwisata adalah Kabupaten Badung. Kabupaten Badung adalah kabupaten terkaya di Bali dan sekaligus penyumbang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terbesar di Provinsi Bali dari sektor pariwisatanya. Badung dianugerahi wilayah yang beragam mulai alam pesisir hingga pegunungan. Bagian selatan kabupaten ini berbatasan dengan Samudera Hindia dan menyuguhkan pemandangan alam laut yang didominasi pantai-pantai berpasir putih, seperti di pantai Kuta, Jimbaran, dan Seminyak. Data Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bali mencatatkan bahwa pada tahun 2019, terdapat sebanyak 1953 hotel di Badung. Jumlah ini tercatat secara rinci sebagai berikut: 6 hotel bintang dua (28 buah); bintang tiga (65 buah); bintang empat (59 buah); bintang lima (49 buah), non bintang (618 buah), villa (1090 buah); dan rumah kos (44 buah). Meskipun hotel bintang lima dan empat hanya 5% dari populasi, hotel-hotel ini tercatat menyumbang 34,21% Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bali. Oleh karenanya, tenaga kerja di pariwisata Badung terkenal makmur dengan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) sebesar Rp2.835.312,20 pada tahun 2019. Berdasar optimisme perkembangan, pada akhir tahun 2019, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bali mengestimasi kenaikan UMSK menuju angka Rp3.076.597,27 untuk tahun 2020. Apabila ada satu kata untuk merepresentasikan wilayah Seminyak di Badung, maka kata itu bisa jadi adalah ‘ramai’ atau ‘indah.’ Seminyak adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Wilayah yang terlihat jelas dari pesawat yang akan mendarat di Bandara Ngurah Rai ini terkenal sebagai tempat wisata pantai yang lengkap dengan berbagai fasilitas seperti hotel, spa, restoran, bar, kafe, dan toko. Deretan pantai nan indah membentang dari Pantai KuDeTa, Pantai Seminyak, dan Pantai Double Six. Keriuhan pariwisata di wilayah ini juga didukung oleh keharmonisan hidup di dua desa adat yaitu Desa Adat Seminyak dan Desa Adat Kerobokan (Banjar Adat Basangkasa). Suatu pagi di pertengahan Maret 2020 itu, Formosa tiba di hotel yang dia pimpin. Sambil membuka pintu mobil putihnya, dipandangnya papan nama hotel yang berdiri anggun dengan warna hijau berlatar putih di penghujung lapangan parkir. Gemericik air dan lantunan gending gamelan Bali menyambutnya. “Ayah memang tepat menamakan hotel ini dengan nama Hotel Home,” gumamnya. Mengambil konsep hotel bernuasa rumah yang ramah dan hangat, Hotel Home memadukan kekinian, kolonial, dan suasana tradisional Bali yang antik dan unik. Hotel yang didirikan oleh Dharmawan sejak Mei 2015 ini adalah salah satu hotel bintang empat yang berada di Kawasan Seminyak. Untuk melengkapi layanan hospitality-nya, hotel ini juga 7 menyediakan spa untuk memanjakan tamunya. Secara total, hotel ini memiliki 79 kamar dan 4 vila lengkap dengan fasilitas penunjang layanan yang mewah dan eksklusif (Peraga 1). Tidak mengherankan, tamu asing dari Australia dan Eropa menjadi pelanggan loyal yang mendominasi kunjungan di hotel ini. 

Pemegang tampuk utama kepemimpinan di hotel ini telah mengalami berbagai perubahan sejak didirikan. Dharmawan sebagai pemilik hotel mengawali bisnisnya dalam bisnis properti di Bandung. Dalam perkembangannya, pebisnis sukses ini meluaskan sayapnya ke kepemilikan pusat perbelanjaan, kafe, dan sekolah. Melirik empuknya bisnis pariwisata di Pulau Dewata, Dharmawan mendirikan Hotel Home sebagai pelebaran sayap bisnisnya. Selama 3 tahun sejak didirikan, manajemen Hotel Home dikelola oleh Topotels Hotel and Resort Management. Sayangnya, Dharmawan merasa bahwa tidak terdapat harmonisasi misi dan visi untuk pengembangan hotel antara dirinya dan pihak Topotels. Oleh karenanya, sejak Mei 2018, Dharmawan menugaskan Formosa, anak semata wayangnya untuk menjadi pemimpin utama di hotel ini. Formosa adalah sosok pebisnis muda yang ulet dan tangguh. Selepas menamatkan studi Masternya di Inggris dalam bidang hospitality management, Formosa memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan turut mengambil peran pada lini bisnis ayahnya. Seorang ibu muda yang cantik dan menggemari olah raga berselancar, Formosa hadir memberi warna kepemimpinan transformatif di manajemen hotel. Formosa mengawali langkahnya dengan 8 menjadi assistant human resource manager sejak hotel didirikan. Sementara itu, Formosa juga aktif secara eksternal kelembagaan dalam Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) di Bali dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali chapter. Kesupelan dan kecerdasan menjadikannya dapat diterima dengan baik oleh komunitasnya serta tujuh jajaran manajemen Hotel Home, Hadi, Hong, Yuyun, Abe, Made, Wike, dan Agung. Inilah tujuh jajaran manajemen yang sekarang menunggu di kantor Formosa untuk merapatkan dampak Covid-19 pada keberlangsungan bisnisnya. Setelah menyapa karyawan yang bertugas di resepsionis, Formosa melangkahkan kakinya dengan anggun ke ruang rapat pimpinan. Dimasukinya ruang rapat itu dengan perlahan. Dilihatnya mata-mata cemas di sana. Duduk paling dekat dengan kursi pimpinan rapat adalah Hadi sang Executive House Keeping yang senior dan progresif. Di sebelahnya duduk Hong yang teliti dan menjabat sebagai Chief Accountant. Selanjutnya, secara berurutan mengelilingi meja adalah Yuyun yang sigap sebagai Sous Chef, Abe yang cekatan sebagai Restaurant and Bar Manager, Made yang kritis dan sigap sebagai Assistant Chief Engineering, Wike yang ceriwis sebagai Assistant Sales Manager, dan Agung yang akomodatif sebagai Assistant Human Resource Manager. Semua mata tertuju pada Formosa. Mata yang menanyakan nasib hotel dan nasib diri dalam situasi pandemi yang siap mendera di depan mata? Mata yang mempertanyakan apakah kekokohan bisnis ini akan rapuh dalam hantaman tsunami Covid-19 yang makin tampak di cakrawala bisnis pariwisata?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Perusahaan Kontraktor

Berikut adalah bahasan analisis SWOT pada perusahaan Construct yang pernah dibahas pada buku analisis SWOT Freddy Rangkuti. Mari kita simak! Buku swot via Freddy Rangkuti Misi Perusahaan   PT. CSTRUCT adalah sebuah perusahaan dengan diversifikasi bidang usaha yang luas, meliputi jasa konstruksi, reality dan properti, perdagangan dan industri, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini senantiasa mengutamakan prestasi dan citra baik, serta berusaha menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Semangat inovasi serta penguasaan teknologi terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usaha yang berkelanjutan yang menghasilkan produk-produk berupa barang maupun jasa yang bermutu dan bernilai tambah tinggi. Melalui pertumbuhan yang sehat dan hasil usaha yang tinggi, perusahaan ini selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan dengannya. Visi misi perusahaan via contoh.pro Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset u

Kewirausahaan : Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Pandangan Ahli Ekonomi 1)       Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. 2)       Wirausaha juga merupakan orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya. 3)       Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisasikan faktor-faktor produksi, sumber daya alam, tenaga, modal dan keahlian untuk tujuan memproduksi barang dan jasa. Pandangan Ahli Manajemen 1)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan, material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis dan orgasisasi usaha baru ( Marzuki Usman, 1997:3 ). 2)       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi motivasi, visi, komunika

Diskusi: Love your self (You can't love someone until you learn to love yourself)

Hallo Bels Apa kabar? semoga kamu selalu diberikan kesehatan dan nama baik. Bahasan kali ini sedikit berbeda, karna kita akan membahas mencintai diri sendiri melalui tanya jawab yang terjadi dalam diskusi sebuah grup whatsapp. Sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda-pemudi dari berbagai aktivitas, universitas maupun lembaga kepemudaan dengan cita-cita bersama membangun mental diri dengan semangat kontribusi bersama. Forum itu bernama Love your self Indonesia. Dengan visi mewujudkan generasi muda Indonesia yang memiliki kualitas hidup dan kesehatan mental yang baik. Mereka mempunyai misi diantaranya mengadakan kegiatan-kegiatan terkait dunia komunikasi psikolog di masyarakat, mengadakan pelatihan sebagai sarana terapi untuk diri sendiri, menjadi jembatan bagi masyarakat yang peduli terkait mental health dan penderita gangguan kesehatan mental. ** Dalam diskusi kali ini mereka menghadirkan seorang narasumber atau yang biasa disebut Bomber seorang psikolog klinis dan jug